Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dan Biaya Kirimnya 2022

Diposting pada

Pauddikmassulbar.Id – Sekarang, kamu dapat transfer uang lewat Alfamart dengan cara yang mudah dan cepat. Dengan cara ini, Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ketinggalan ATM ketika mau kirim uang.

Alfamart menjadi salah satu minimarket yang sebuah cabangnya tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di area pedesaan. Jaringannya pun akan kuat sehingga pengiriman dana dapat di lakukan dengan lancar.

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Pada kesempatan ini, saya akan membahas langkah gampang kirim uang lewat Alfamart. Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Yang Mudah

  • Kamu bisa pergi ke Alfamart terdekat dan menyampaikan kepada kasir jika Kamu mau melakukan pengiriman uang
  • Selanjutnya kamu akan di mintai identitas diri dan persyaratannya Yakni kartu identitas yang masih berlaku dan nomor telepon aktif
  • Selanjutnya Kamu akan di mintai data calon penerima uang
  • Sesudah data di proses Anda bisa memberikan sejumlah uang yang mau Kamu kirim beserta biaya administrasi yang di bebankan
  • Setelah Kamu selesai melakukan prosedur di atas, Kamu akan menerima kode MTCN (Money Transfer Control Number) sebagai kode rahasia
  • Kode tersebut anda berikan kepada calon penerima uang yang Kamu kirimkan. Kamu perlu berhati-hati di dalam mengirimkan kode ke penerima, sehingga tidak terjadi kebocoran informasi yang bisa menyebabkan uang tersebut di ambil orang lain, bukan penerima yang seharusnya
  • Kode MTCN adalah kode khusus keamanan mengirim uang lewat Alfamart.

Pada dasarnya, pengiriman uang tanpa memakai rekening dapat di lakukan dalam banyak cara. Di antaranya ialah lewat aplikasi transfer uang, Kantor Pos, dan yang lainnya. Alfamart hanya salah satu dari metode tersebut.

Namun, sebab lokasi Alfamart lebih mudah di temukan, maka cara inilah yang jadi solusi untuk kamu yang tidak memiliki aplikasi dan tidak bisa datang ke kantor pos. Lagi pula, langkah transfer uangnya sangat mudah. Anda tinggal mengikuti cara di bawah ini saja:

1. Menyiapkan Data Diri Dan Nomor Aktif

Buat mengirimkan uang di Alfamart, Kamu harus menyiapkan sejumlah dokumen terlebih dulu sebagai persyaratan. Adapun dokumen atau data yang di haruskan ialah data identitas diri. Buat itu, silakan bawalah kartu identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor asli sekaligus fotokopinya.

2. Mendatangi Alfamart Terdekat

Selanjutnya, apabila datanya telah lengkap dan siap, maka silakan datang ke sebuah minimarket Alfamart terdekat. Saat telah sampai di minimarketnya, Kamu bisa langsung menemui kasir dan menyampaikan tujuan kedatangan.

Sampaikan Jika kamu mau transfer uang lewat Alfamart. Kasir akan langsung mengerti maksudnya dan segeralah berikan pengarahan. Kasir akan memulai proses pengiriman dana dengan mengeluarkan formulir yang perlu kamu isi. Biasanya, isi dari formulir ini ialah mengenai data diri penerima juga tentang Anda.

Jadi, silakan isi formulirnya sesuai dengan data yang benar dan sudah lengkap. Teliti sekali lagi supaya dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin.

Jika telah yakin seluruh data yang di isikan itu benar, silakan langsung berikan formulirnya kepada kasir. Saat anda memberikan formulir yang sudah terisi, silakan lampirkan persyaratan yang telah di bawa, yaitu data identitas diri. Petugas akan segera membantu prosesnya lebih jauh, silakan tunggu sebentar.

3. Memberikan Jumlah Nominal Uang Yang Hendak Di kirim

Sesudah prosesnya di lakukan oleh kasir, maka mereka akan langsung menanyakan nominal uang yang mau anda transfer. Selanjutnya, petugas juga akan meminta sejumlah uang dengan sesuai nominal yang mau di kirim.

Oleh sebab itu, pastikan jika uangnya telah siap sebelum berangkat ke minimarket. Buat di ketahui, pengiriman uang lewat Alfamart dapat di lakukan dengan nominal minimal 10 ribu sampai denagn 5 juta rupiah.

Jadi, Jika kamu mau mengirimkan uang dengan jumlah melebihi batas maksimal, silakan lakukan sampai beberapa kali. Soal pecahan uang, tidak ada ketentuan khusus yang akan di tetapkan oleh Alfamart. Asalkan uangnya asli dan dapat di pakai sebagai alat pembayaran, maka boleh di pakai.

Saat uangnya telah di terima oleh kasir, maka prosesnya akan langsung di lanjutkan lagi. Petugas akan langsung memroses kirim uang lewat Alfamart ke seorang penerima sesuai dengan data yang Kamu berikan.

Silakan tunggu sebentar hingga prosesnya selesai. Sebagai informasi, Jika kamu sedang butuh dana cepat sebab ada kebutuhan mendadak, kami siap membantu.

4. Dapatkan Kode MTCN

Sesudah proses transfer selesai, maka Kamu akan segera memperoleh kode MTCN. Kasir akan memberikannya kepada anda jadi simpanlah baik-baik. Kode MTCN ini adalah kode penerimaan uang yang di berikan kepada seorang pengirim sebagai bukti kepada penerima jika transaksinya telah selesai di lakukan.

Sebab ini dapat menjadi bukti legal, maka selaku seorang pengirim Kamu harus menyimpannya baik-baik dan tidak boleh di hilangkan sama sekali. Kamu juga di larang memberikan kode tadi kepada orang lain, selain penerimanya.

Hal demikian di akukan supaya transaksi keuangan dapat berjalan dengan aman dan tidak merugikan bagi ketiga pihak, yakni pengirim, penerima, dan Alfamart selaku pihak ketiga yang mengirimkan dana.

5. Memberikan Kode MTCN

Ketika telah menerima kode MTCN, kamu dapat langsung pulang dan mengirimkan kode MTCN-nya kepada penerima. Anda dapat memanfaatkan whatsapp atau kontak pribadi penerima secara langsung supaya lebih aman.

Kode MTCN yang di terima tadi oleh penerima bisa di gunakan langsung buat mengambil uang di Alfamart terdekat. Kode ini mempunyai jangka waktu satu bulan sehingga sebaiknya harus di cairkan dengan cepat supaya tidak sampai lupa.

6. Bila Kode MTCN Hilang

Jika terjadi hal yang tidak di inginkan, misalnya kode MTCN hilang, maka Kamu perlu segera menghubungi customer service True Money di nomor 0804 1000 100. Sesudah menelepon nomor tersebut,

Kamu akan di mintai sebuah keterangan soal data-data yang berhubungan dengan pengiriman dana. Asalkan dapat menjawabnya dengan tepat pertanyaan tentang datanya, maka kode MTCN yang hilang kemungkinan dapat di selamatkan.

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Sebagaimana telah di ketahui, transfer uang lewat Alfamart di lakukan lewat True Money. Semua transaksi ini bisa memungkinkan kamu mengirimkan uang tunai tanpa harus mencantumkan nomor rekening.

Jadi, meskipun tidak tahu nomor rekening seorang penerima, Kamu tetap bisa mengirimkan sejumlah dana. Tetapi, harus di ketahui jika transaksi pengiriman uang yang kamu lakukan membutuhkan biaya administrasi sebesar 15 sampai 25 ribu rupiah per transaksi. Nominal biaya administrasi ini di bayarkan ketika kamu menyerahkan uang yang mau di kirimkan.

Jadi, seorang pihak penerima nantinya bisa menerima uangnya secara utuh. Sebagai contoh, Kamu mengirimkan uang senilai satu juta rupiah dengan sebuah biaya administrasi sebesar 15 ribu rupiah, maka uang yang perlu di bayarkan ke kasir ialah Rp 1.015.000,-.

Nantinya, uang yang akan langsung di terima oleh seorang penerima tetap sebesar satu juta rupiah, yang utuh. Sebagai tambahan informasi, selain dapat di kirimkan lewat Alfamart, Kamu juga dapat mengirimkan dana lewat Alfamidi. Jadi, sangat fleksibel.

Tutorial cara kirim uang lewat Alfamart ini sangat  bermanfaat sekali khususnya untuk Kamu yang ingin mentransfer uang ke keluarga di rumah secara mendadak tanpa mengetahui nomor rekeningnya. Asalkan anda memiliki data penerima secara lengkap, maka prosesnya dapat di lakukan di minimarket Alfamart terdekat.

Itulah yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan cara kirim uang lewat alfamart Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kalian dapat mengirim uang kalian lewat alfamart yang kalian inginkan, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan ulasan ini, Sekian dan terimkasih.

Baca Juga Yang Lainnya :