BP Paud Dikmas Sulbar Lakukan Sosialisasi Program Sekolah Penggerak di Mambi; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa Antusias Merespon

Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat Melaksanakan Sosialisasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 di Wilayah Sasaran Program.

PAUDDIKMASSULBAR.ID @EDU_ARTICLES
Tuesday 7th, 2021

PAUDDIKMASSULBAR.ID. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sosialisasi tatap muka Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 pada hari ini Selasa 07 September 2021 di Aula Gedung SMP 1 Mambi Kabupaten Mamasa.

Peserta sosialisasi merupakan gabungan dari 7 kecamatan yang dipusatkan di Kecamatan Mambi yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa beserta jajarannya dan 70 orang peserta sosialisasi mulai dari jenjang satuan PAUD, SD dan SMP.

Kegiatan ini di dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa H. Muhammad Syukur, S.PdI.,M.Pd. Beliau nampak begitu bersemangat memberikan sambutan dan dukungan terhadap Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 ini karena Mamasa adalah salah satu kabupaten sasaran yang terpilih diantara 2 kabupaten lainnya yang berarti bahwa ada perhatian khusus yang diberikan oleh Kemdikbudristek terhadap kemajuan pendidikan di Mamasa, ucapnya.

“Program Sekolah Penggerak ini adalah Program yang dibuat sudah masuk dalam tahapan yang kedua, tahapan pertama adalah Majene tahun lalu dan tahun ini 2 kabupaten yaitu Polman dan Mamasa. Program ini berbasis kepada sumber daya artinya pusat perhatian sumber daya ekosistem sekolah akan mengarah kepada perbaikan kualitas siswa dimana ujung tombak SDM yang ada pada ekosistem sekolah sangat menentukan berkualitas tidaknya pendidikan di lingkup sekolah. Oleh karena itu mari kita sambut baik Program Sekolah Penggerak angkatan 2 ini sebagai wujud kepedulian Kemendikbudristek terhadap kualitas sekolah kita di Kabupaten Mamasa”. lanjut sambutnya

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat Dr. Andi Rusdi, M.Pd. memberikan sambutan sekaligus memberikan beberapa arahan terkait regulasi dan program yang akan dilaksanakan di masa pandemi covid-19. diantaranya sekaitan dengan agenda yang mendesak untuk dilaksanakan yang diantaranya adalah Program Sekolah Penggerak, Assesmen Nasional, Pembelajaran tatap muka terbatas, dll.

Setelah selesai kegiatan pembukaan maka dilanjutkan sesi pemaparan materi yang dibawakan oleh narasumber yang berasal dari BP Paud dan Dikmas Prrovinsi Sulawesi Barat Harianto Bahauddin, S.Pd. selaku widyaprada ahli muda. adapaun materi sosialisasi Program Sekolah Penggerak yang disampaikan mulai dari pengenalan Program, implementasi Program hingga tata cara atau alur pendaftaran dalam aplikasi SIMPKB Kemdikbudristek.

Peserta yang hadir begitu pada sosialisasi ini merasa kurang maksimal karena jumlahnya sangat banyak sehingga ruangan penuh dengan kebisingan, kursi tidak mencukupi kapasitas peserta sehingga banyak yang berdiri diluar gedung dan bahkan ada yang pulang.

Kendala lain yang di alami oleh narasumber pada saat penyampaian tata cara atau alur pendaftaran Program Sekolah penggerak ada adalah jaringan internet yang kurang memadai sehingga dapat menghambat kelancaran proses penyampaian materi secara tuntas.

Melihat kondisi permasalahan yang terjadi maka tim BP PAUD Dikmas Sulbar akan melakukan rencana tindak lanjut berupa Coaching Clinic kepada Kepala Sekolah Calon Pelaksana Program Sekolah penggerak yang direncanakan dijadwalkan minggu kedua hingga minggu ketiga bulan september nanti.

Jumlah Kunjungan:722 Jumlah Kunjungan: 54 Jumlah Kunjungan: 126651

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *