Bimtek Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ); BP PAUD dan Dikmas Sulbar Kolaborasi dengan Diskominfo dan PMDes

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat Melaksanakan Bimtek Advokasi Implementasi Sarana Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berkolaborasi dengan Dirjen Pauddasmen, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Barat

PAUDDIKMASSULBAR.ID @EDU_ARTICLES
Jum’at 20th,2021

PAUDDIKMASSULBAR.ID. Sejak pandemi Covid-19 melanda, dunia pendidikan terpaksa memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tak terasa, sudah lebih dari setahun kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) dilaksanakan. Meski masih banyak kendala yang dihadapi, satuan pendidikan mulai terbiasa menyelenggarakan BDR.

Metode BDR sendiri ada dua, yaitu Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dan PPJ Luar Jaringan (Luring). PJJ Daring secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi berbasis internet, sementara PJJ Luring dapat dilakukan melalui siaran televisi, radio, modul belajar mandiri, bahan cetak maupun media belajar dari benda di lingkungan sekitar.

Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi pembeajaran jarak jauh seperti keterbatasan SDM, keterbatasan sarana prasarana seperti laptop atau HP yang dimiliki orangtua peserta didik, kesulitan akses internet, kondisi listrik yang tidak stabil, dan keterbatasan kuota internet yang bisa disediakan oleh orangtua.

Oleh karena itu, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan Bimtek secara daring melalui zoom meeting terkait solusi Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih terdapatnya sejumlah kendala dilapangan karena pembelajaran yang belum maksimal dilaksanakan akibat kondisi infrastruktur atau sarana pedukung pemebelajaran jarak jauh masih sangat terbatas.

Melihat persoalan tersebut maka BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat mencoba berkolaborasi dengan pihak terkait diantaranya berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Barat serta dari Direktorat Jenderal Pauddasmen kemdikbudristek untuk mencoba memecahkan masalah melalui kegiatan Bimtek Advokasi Implementasi Sarana program Pembelajaran Jarak Jauh.

Kegiatan Bimtek Advokasi Implementasi Sarana program Pembelajaran Jarak Jauh dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai pada tanggal 18 sampai dengan 20 Agustus 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari 6 kabupaten di provinsi Sulawesi Barat.

Adapun peserta yang hadir dalam virtual meeting ini berasal dari unsur Forum PKBM, IGTKI, Dinas Pendidikan Kabupaten yang membidangi pendidikan Nonformal, Dinas PMDes Kabupaten serta Dinas Kominfo Kabupaten.

Kegiatan hari pertama materinya full kolaborasi materi dari Dirjen Pauddasmen dengan Dinas Kominfo dan Dinas PMDes Provinsi Sulawesi Barat. Hari kedua dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) perkabupaten yang di breakdown kedalam 6 kelompok kerja, sedangkan hari ini sebagai hari terakhir adalah pemaparan tertkait Rencana Tindak Lanjut (RTL) masing-masing kabupaten berdasarkan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.

Jumlah Kunjungan:560 Jumlah Kunjungan: 1 Jumlah Kunjungan: 126722

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *