Ketika Widya Prada BP PAUD Dikmas Sulbar Mengikuti 3 Virtual Meeting Yang Berbeda Dalam Waktu Yang Bersamaan

Mengikuti Meeting Virtual Di 3 Link Zoom Yang Berbeda Dalam Waktu Yang Bersamaan “hanya orang2 yang luar biasa yang memiliki kemampuan di luar kebiasaan manusia biasa seperti ini”

PAUDDIKMASSULBAR.ID @EDU_ARTICLES
July 29th,2021

PAUDDIKMASSULBAR.ID. Istilah kata pandemi menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Pandemi sendiri merupakan sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, umumnya menyerang banyak orang. Olehnya itu, pandemi tidak digunakan untuk menunjukkan tingginya tingkat suatu penyakit, melainkan hanya memperlihatkan tingkat penyebarannya saja.
Salah satu jenis wabah yang berjangkit serempak dimana-mana adalah Corona Virus yang merupakan pandemi pertama yang ditemukan. Infeksi virus Corona disebut Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan terhadap dunia dengan berbagai tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat merasakan dampak kehadiran Covid-19.

Tak bisa dipungkiri virus corona mengguncang peradaban manusia di dunia. Setiap negara melalui otoritasnya meminta rakyatnya untuk tetap di rumah, menjaga jarak baik secara fisik (physical distancing) maupun sosial (social distancing) bahkan melakukan lockdown (karantina wilayah) untuk menghambat penyebaran virus corona. Bukan hanya sekadar imbauan tetapi peraturan dan larangan keras untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Berbagai upaya untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 mulai dari lockdown, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, hingga PPKM level 1-4 akibatnya regulasi yang dibuat oleh pemerintah tersebut mendorong masyarakat untuk tinggal di rumah, bekerja dari rumah dan belajar dari rumah.
Di balik musibah tentulah ada hikmah yang bisa dipetik. Demikian pula dengan pandemi virus corona ini. Tak semuanya menimbulkan dampak negatif, tetapi ada pula dampak positifnya seperti Kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat meningkat, arus distribusi informasi juga begitu cepat, transaksi digital semakin berkembang karena umumnya aktifitas dilaksanakan secara virtual.

New Normal yang diakibatkan oleh pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia, saat ini sudah tidak dapat dihindari lagi. Bukan hanya menyasar ke sektor kesehatan, tetapi juga ke berbagai sektor lain seperti ekonomi, sosial, pariwisata, pendidikan, dan lain-lain. Berbagai kegiatan sehari-hari yang bisa menimbulkan kerumunan atau orang berkumpul mulai diatur sedemikian rupa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat demi memutus pandemi supaya tidak meluas. Kegiatan yang sebelumnya harus dilakukan secara tatap muka sekarang harus dilakukan secara virtual.

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat selaku UPT Kemendikbudristek pusat memiliki banyak kegiatan yang dilakukan secara tatap muka. Rapat kerja, upacara, pelantikan, acara penganugerahan, konsultasi, seminar, pelatihan, press conference, sosialisasi kebijakan pemerintah, hingga berbagai acara peresmian merupakan kegiatan sering diadakan secara tatap muka sebelumnya. Sekarang, semua itu harus dilakukan secara virtual agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Menambah pengetahuan di bidang yang lain, seperti penguasaan teknologi, merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk beradaptasi dengan keadaan saat ini. Karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, kita masih dapat terhubung, meskipun hanya kontak secara daring tidak secara fisik.
Virtual Event saat ini menjadi hal yang dibutuhkan agar kita dapat tetap terus berinovasi dan melakukan kegiatan seperti sebelumnya tanpa gangguan karena pandemi ini. Perubahan ini bukan berarti kemunduran, berbagai hal yang biasa kita lakukan sebelumnya dan harus berubah juga memunculkan banyak keunggulan dan hal positif lain yang timbul setelahnya.
Keunggulan dalam virtual event yaitu dapat mengurangi potensi adanya kerumunan orang di satu ruangan. Hal ini menjadi sangat fundamental di era new normal seperti sekarang. Juga, karena dilakukan secara online, maka virtual event dapat disaksikan di beberapa platform media sosial secara live, seperti YouTube, Instagram, Zoom atau website yang sudah terintegrasi dengan sistem dalam waktu bersamaan membuat acara kita menjadi lebih mudah diakses. Karena peserta acara tidak perlu berpindah tempat untuk hadir mengikuti acara kita.
Dengan kata lain, kita dapat menghemat biaya akomodasi yang biasanya dikeluarkan. Hemat biaya dan hemat waktu. Dalam beberapa kasus justru event dalam jenis ini dapat lebih hemat dalam pelaksanaan.

Seperti komentar yang dikutip penulis dari salah seorang anggota group sekaligus Kasubag Tata Usaha di Kantor BP PAUD Dikmas Provinsi Sulawesi Barat melalui Whatsapp Group “PNS BP PAUD Dikmas Sulbar” mengatakan bahwa “hanya orang2 yang luar biasa yang memiliki kemampuan di luar kebiasaan manusia biasa seperti ini Pak Anto” kemudian dilanjutkan dengan komentar lain “Pandemi covid-19 telah melahirkan kemampuan luar biasa manusia, bisa berada di 2 atau 3 tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan”.

Komentar ini langsung muncul ketika salah seorang personil yang mengunggah video yang berdurasi 0:21 detik pada pukul 08.21 am wita pada tanggal 27 Juli 2021, dimana salah seorang Widya Prada yang mencoba fokus menyimak materi tentang PAUD Holistik melalui laptop dan yang satunya lagi menyimak materi tentang Program Sekolah Penggerak melalui zoom virtual lewat phone cell nya.

Ini menandakan bahwa dengan sarana yang memadai, kita dapat hadir di berbagai acara sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, memanfaatkan teknologi yang sudah sangat berkembang lebih memudahkan orang bertemu tanpa bertatap muka bisa dijadikan suatu langkah fleksibel dan visioner.

Jumlah Kunjungan:496 Jumlah Kunjungan: 1 Jumlah Kunjungan: 126695

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *