Hari Anak Nasional “Anak Terlindungi Indonesia Maju”

Penetapan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional disesuaikan dengan pengesahan Undang-Undang tentang kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979. Momentum ini sudah 42 kali dilaksanakan setiap tahunnya dengan tema dan acara yang beragam. Semarak Peringatan Hari Anak Nasional diwarnai dengan agenda-agenda virtual seperti Dongeng Virtual, Sosialisasi Pedoman Sekolah Peduli TBC hingga webinar orang tua yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Berdasarkan kutipan penulis dari salah satu media online kumparan.com bahwa penyelenggaraan Hari Anak Nasional 2021 secara umum bertujuan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus. Selain itu, peringatan Hari Anak Nasional 2021 juga memberi pemahaman bahwa anak-anak adalah penerus cita-cita bangsa sehingga upaya pembinaan anak perlu diarahkan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab orang tua, masyarakat dan Negara.

Hari Anak Nasional tahun 2021 yang dirilis oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan tema yang seragam “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan maksud agar kita selalu melindungi anak terhadap hak nya dan melindungi anak dari ancaman pandemic dan selalu mengajarkan rasa kepedulian terhadap sesama pada anak ditengah masa yang sulit.

Dimasa yang sulit seperti sekarang ini, Pandemi menyebabkan kesempatan anak-anak bermain dan belajar diluar rumah menjadi sangat berkurang dan sangat terbatas sehingga tidak lagi berinteraksi dengan teman sebaya dengan leluasa. Olehnya itu, berbagai ancaman yang akan ditimbulkan seperti learning loss, ketergantungan dengan gadget yang dapat menggangu kesehatan secara fisik , juga kurang peduli terhadap lingkungan sosial (aspek mental) meskipun disisi lain anak juga wajib terlindungi oleh orang tua dan pemerintah dari dari ancaman pandemic virus Corona yang melanda dunia.

Selamat Hari Anak Nasional “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” semoga anak-anak merupakan aset dan harapan bangsa tetap terjaga dan terlindungi dari bahaya yang dapat mengancam potensi untuk memperoleh haknya

Jumlah Kunjungan:185 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 126650

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *