Banyak Kesalahan Dalam Penyusunan Laporan, 60 Tutor Bantu SKB Mengikuti Bimbingan Teknis

Bimbingan Teknis Penyusunan Program Pembelajaran dan Evaluasi Penyusunan Laporan Pelaksanaan Tugas Pendidik/ Tutor Bantu SKB se Sulawesi Barat

PAUDDIKMASSULBAR.ID @EDU_ARTICLES
JUNE 24th, 2021

PAUDDIKMASSULBAR.ID. MAMUJU. Mengingat banyaknya Tutor Bantu yang belum memahami sepenuhnya Penyusunan laporan Program pembelajaran dan Evaluasi penyusunan laporan pelaksanaan tugas Pendidik atau Tutor bantu SKB se Sulawesi Barat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi satker BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Program Pembelajaran dan Evaluasi Penyusunan Laporan Pelaksanaan Tugas Pendidik/ Tutor Bantu SKB se Sulawesi Barat pada tanggal 21 Juni s.d 23 Juni 2021 di Aula LPMP Sulbar.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala BP PAUD dan Dikmas Sulbar Dr. Andi Rusdi, M.Pd. didepan Pendidik/Tutor Bantu yang telah diusulkan serta diverifikasi oleh Tim Seleksi dari BP Paud dan Dikmas Sulbar dan dituangkan dalam SK Penetapan Penerima Bantuan pemerintah sebanyak 60 orang yang berasal dari 5 kabupaten.
“Melihat kenyataan SKB di provinsi Sulawesi Barat masih sangat kekurangan tenaga penggerak berupa Pamong Belajar maka perlu adanya intervensi program dari pusat dalam hal ini Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Kemendikbud melaksanakan rekrutmen tenaga Tutor Bantu agar pelaksanaan program PAUD dan Dikmas di SKB dapat berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta dapat memperluas cakupan program dan meningkatkan mutu penyelenggaraan program PAUD dan Dikmas.” Sambut Andi Rusdi

Lanjut Ketua Panitia dan juga sebagai Analisis Kemitraan BP PAUD dan Dikmas Sulbar; Nasruddin, S.Pd dalam laporannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat banyaknya laporan yang dibuat tidak sesuai petunjuk teknis yang ada.

“Penyusunan program harus singkron mulai dari penyusunan program dengan penyusunan RPP sehingga menghasilkan laporan yang benar sesuai dengan juknis yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dikdas dan Dikmen Kemndikbudristek nomor 8040 tahun 2021.” Lanjut Nasruddin.
Setelah mengikuti bimbingan teknis tersebut diharapkan Pendidik/Tutor bantu mampu melaksanakan tugas-tugas dan tanggungjawabnya dengan baik seperti merencanakan proses pembelajaran; menyiapkan bahan belajar; melaksanakan pengajaran kepada peserta didik; mengadministrasikan proses dan hasil belajar; melakukan motivasi peserta didik; melaksanakan evaluasi hasil belajar; menyusun laporan pelaksanaan tugas pendidik/tutor Bantu setiap bulan dan melaporkan kepada BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat.

Bimbingan Teknis penyusunan program Pembelajaran dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas pendidik/tutor SKB dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan dapat mengevaluasi penyusunan program dan pelaksanaan tugas pembelajaran pendidik/tutor bantu yang telah dilaksanakan dan dapt memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dianggap belum di sempurnakan dan meningkatkan kemampuan pendidik/tutor bantu dalam menyusun laporan, pelaksanaan tugas pembelajaran.

Jumlah Kunjungan:130 Jumlah Kunjungan: 0 Jumlah Kunjungan: 109824

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *