Implementasi Semangat dan Nilai-Nilai PANCASILA di Era Milenial

PAUDDIKMASSULBAR.ID – Pada tanggal 1 Juni 2016 Perpres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila ditandatangani oleh Presden Joko Widodo dan ditetapkan sebagai libur nasional terhitung sejak 2017.

Segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan mendasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19) dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan Upacara Bendera secara virtual kombinasi.

Pada peringatan hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2021 tahun ini, merangkai tema “PANCASILA DALAM TINDAKAN, BERSATU UNTUK INDONESIA TANGGUH” penulis tidak mengulas tentang sejarah perjuangan generasi bangsa dalam merumuskan PANCASILA tetapi lebih condong memberikan pandangan tentang bagaimana seharusnya generasi milenial menjadi generasi tangguh dalam menumbuhkan karakter Pancasilais serta implmentasi penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap kaum moderat dalam menyaring arus transformasi informasi di era Globalisasi.

Generasi milienial atau generasi Y (teori William Straus dan Neil Howe) yang saat ini berumur antara 18–36 tahun, merupakan generasi di usia produktif. Generasi yang akan memainkan peranan penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Keunggulan generasi ini memiliki kreativitas tinggi, penuh percaya diri serta terkoneksi antara satu dengan lainnya. Namun, karena hidup di era AUTO, generasi ini cenderung menginginkan sesuatu yang serba instan dan sangat gampang dipengaruhi. Generasi millenial memiliki pengaruh besar terhadap perubahan di era globalisasi. Olehnya itu, dibutuhkan pedoman yang dapat menuntun generasi millenial dalam berinteraksi dalam lingkar globalsasi dengan baik dan benar. Generasi millenial adalah genarasi di usia yang produktif yang akan memainkan peran penting dalam keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi ini memiliki keunggulan dibidang kreativitas yang tinggi, penuh percaya diri serta terkoneksi antara satu dengan lainnya. Tetapi karena hidup di zaman sekarang serba praktis, generasi ini cenderung ingin segala sesuatunya secara instant.

Hari ini PANCASILA reborned selayaknya digunakan sebagai benteng pertahanan diri dari kehancuran akibat pesatnya perkembangan teknologi dan upaya-upaya memecah bangsa, maka bangsa ini harus kembali kepada Pancasila. Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia, telah berkembang secara alamiah yang berisikan pandangan hidup, karakter dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia harus dipegang sebagai prinsip para generasi millennial agar tidak gampang terpengaruh oleh radikalisme dan tindakan intoleran ditengah derasnya arus informasi yang beredar bebas melalui media sosial dan media online lainnya.

Ke lima Sila yang termaktub dalam Pancasila mengandung tatanan nilai yang sangat bermakna seperti nilai semangat bersatu, menghormati perbedaan, rela berkorban, pantang menyerah, gotong royong, patriotisme, nasionalisme, optimisme, harga diri, kebersamaan, dan percaya pada diri sendiri. Ketika karakter atau nilai tersebut berhasil ditanamkan dalam diri setiap warga Negara Indonesia sudah barang tentu tidak ada lagi kasus Korupsi, intoleran, radikalisme karena sudah di filter oleh nilai pancasila tersebut.

Pancasila tidak perlu lagi diajarkan secara formal dengan cara yang kaku, maupun hanya sekedar hafalan tetapi hal yang penting adalah kemampuan memaknai nilai-nilai pancasila sebagai pedoman hidup dan implementasi nilai-nilai setiap butir-butir sila dalam kehdupan sehari-hari karena pada dasarnya Pancasila sudah terpampang jelas di dinding-dinding kantor dan sekolahan, sering diperdengarkan melalui upacara-upacara peringatan di hari-hari yang bersejarah setiap tahunnya bahkan sering terdengar di lingkungan sekolah mulai dari jenjang TK hingga ke jenjnang SLTA setiap hari senin pada kegiatan rutin Upacara Bendera.

Dalam melaksanakan langkah itu perlu di wadahi oleh kelembagaan untuk bersama-sama menerapkan nilai Pancasila melalui sistem dan cara yang kekinian. Dan inilah tugas kita sebagai generasi millenial untuk tetap menjaga dan melestarikan Pancasila agar fungsi dan nilainya tidak punah. Kita hanya perlu berkembang dan belajar dalam bidang yang kita minati dengan jalan yang benar dan harus selalu memupuk diri terhadap sikap kritis, nsionalis, dan spiritualis guna membangun dan memajukan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Lahirnya PANCASILA 1 Juni 2021 “PANCASILA DALAM TINDAKAN, BERSATU UNTUK INDONESIA TANGGUH” semoaga setiap TINDAKAN yang dilakukan senantiasa mencerminkan Nilai-Nilai PANCASILA agar menjadi Pribadi yang TANGGUH

Jumlah Kunjungan:169 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 99704

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *