TK Elim Mamuju Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Era Tatanan Normal Baru di Bilik Tenda Bantuan Ditjen PAUD

PAUDDIKMASSULBAR.ID-MAMUJU. Taman Kanak-Kanak ELIM Mamuju melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Bilik Tenda pasca gempa di era tatanan normal baru pandemi covid-19. Tenda ini dibagikan oleh Ditjen PAUD Kemenristekdikti RI pasca ambruknya gedung pembelajaran di guncang gempa Magnitudo 6.2 pertengahan Januari 2021. Karena kondisi Gedung Pembelajaran yang tidak layak digunakan sehingga pihak penyelenggara TK Elim Mamuju berbenah dan memanfaatkan tenda bantuan tersebut sebagai ruang kelas darurat pasca bencana alam tersebut.

Ada 8 Unit tenda yang diberikan ke Satuan Pendidikan TK oleh Ditjen PAUD di wilayah kabupaten Mamuju dan kabupaten Majene diantaranya yaitu TK Pembina provinsi, TK Raodatul Marwah Kabupaten Mamuju, TK Elim Kab. Mamuju, TK Anggrek Pimpioang Tapalang, KB Pelangi Tapalang, TK Muhajirin Taan Tapalang, TK Kartini Kabiraan Malunda, TK ALQuba Kabupaten Mamuju.


Pictured By Andi Nurlindah

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di era tatanan baru pandemi covid-19 dilaksanakan sesuai dengan anjuran kebijakan SKB 4 Menteri dengan tetap memperhatikan 4 tahapan protokol Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yaitu Tahap Prakondisi Pembelajaran; Tahap Pra Pembelajaran; Tahap Pembelajaran; dan tahap pasca pembelajaran.

Apa saja yang dilakukan oleh TK Elim Mamuju pada tahap pra kondisi pembelajaran? TK Elim Mamuju melalukan sosialisasi kepada Peserta Didik, Orang Tua, Komite Sekolah dan semua pihak terkait; Ruangan atau tenda dibersihkan dengan menyemprot cairan desinfektan secara berkala agar bebas dari virus; mengatur kursi dengan jarak kurang dari 1,5 meter karena kondisi darurat didalam tenda; tenda dibiarkan terbuka lebar sebagai ventilasi agar udara segar mengalir; menyiapkan fasilitas cuci tangan, thermogun dan handsanitizer dan menyiapkan peralatan UKS sederhana sebagai antisipasi awal.

Disamping itu TK Elim juga memastikan kondisi tubuh peserta didik dengan melakukan pengecekan suhu tubuh lebih awal sebelum memasuki area pembelajaran di tenda, Guru dan Peserta didik wajib pakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak peserta didik, masuk kedalam tenda dengan berbaris dan tidak bersentuhan.

Menurut Kepala Sekolah TK Elim Mamuju mengatakan bahwa agar pembelajaran tatap muka berjalan dengan lancar TK Elim Mamuju menjaga peserta didik agar menggunakan perlengkapan belajarnya masing-masing, guru dibantu oleh tenaga administrasi lainnya aktif mengawasi dan menjaga aktifitas peserta didik untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, mengatur jadwal pulang peserta didik dengan memberikan jedah 10 menit antar kelas, kemudian peserta didik selalu diarahkan unutk mencuci tangan sebelum pulang kerumah masing-masing, mengarahkan peserta didik untuk berbaris di gerbang pintu keluar tenda, serta pihak sekolah menghubungi orang tua yang belum menjemput peserta didik.

sudah siapkah satuan Pendidikan anda melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini???

Jumlah Kunjungan:463 Jumlah Kunjungan: 3 Jumlah Kunjungan: 99707

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *