Status Verval TIK Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat 2021

Verval TIK. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi dan validasi Teknologi dan Informasi Komputer (TIK) Satuan Pendidikan sebagai instrumen pemetaan data kesiapan Satuan Pendidikan yang akan diselenggarakan pada bulan September dan Oktober 2021. Untuk kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional perlu adanya sinergi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kanwil Kemenag, dan masyarakat dalam hal resource sharing infrastruktur Asesmen Nasional. sedangkan pemetaan berbasis data spasial terkait kesiapan TIK untuk Asesmen Nasional diperlukan Resource sharing TIK antar satuan Pendidikan;Resource sharing TIK dengan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh Pemda; dan resource sharing TIK dengan orang tua atau mekanisme pendanaan lainnya.

Satuan Pendidikan harus melengkapi data dukung TIK berupa Jumlah Komputer/Laptop, Akses Internet, dan sumber listrik di lingkungan Satuan Pendidikan melalui laman Verval TIK pada tautan http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ yang kemudian akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan. Adapun tugas yang harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan terkait dengan pelaksanaan Verval TIK adalah melakukan verifikasi dan validasi terkait data dukung TIK Satuan Pendidikan, Menentukan moda pelaksanaan Assesmen Nasional (Online/Semi Online) sesuai kondisi TIK satuan, dan menentukan status pelaksanaan Assesmen Nasional (Mandiri, Mandiri dan ditumpangi, dan Menumpang) sesuai dengan kondisi geografis dan kesiapan TIK.

Analisis Data Verifikasi dan Validasi TIK di Satuan Pendidikan PKBM dan SKB Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021

Menurut data validasi dan verifikasi TIK (Pusdatin-kemdikbud, 2021) bagi satuan pendidikan baik PKBM maupun SKB ditiap Kabupaten provinsi Sulawesi Barat menunjukkan bahwa satuan pendidikan PKBM berjumlah 177 lembaga dengan persentase yang sudah berhasil melakukan verval TIK sebanyak 122 (71%) dan yang belum verval TIK 51 (29%). Sedangkan satuan pendidikan SKB berjumlah 6 lembaga dengan persentase yang sudah berhasil melakukan verval TIK sebanyak 5 (83%) dan yang belum melakukan verval TIK sebanyak 1 (17%).

Berdasarkan data tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa verifikasi dan validasi kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Satuan Pendidikan baik PKBM maupun SKB di provinsi Sulawesi Barat sudah siap mengimplementasikan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM) karena persentase Informasi kepemilikan perangkat TIK digunakan untuk memetakan kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan Assesmen Kompetensi Minimal (AKM) rata-rata sudah melakukan verval TIK.

Data status verval TIK Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan masyarakat Provinsi Sulawesi Barat dapat di unduh melalui tautan dibawah ini:
ANALISIS DATA VERIFIKASI DAN VALIDASI TIK DAN VERVAL STATUS KESIAPAN BELAJAR

Jumlah Kunjungan:326 Jumlah Kunjungan: 3 Jumlah Kunjungan: 99670

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *