BP PAUD DIKMAS SULAWESI BARAT OPEN RECRUITMENT TUTOR BANTU 2021

Berdasar data DAPODIK (Maret 2021) Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen saat ini terdapat 441 SKB yang sudah masuk dalam DAPODIK dengan jumlah peserta didik sebanyak 118.205 orang. Berbagai program telah diluncurkan untuk mendukung produktifitas penyelenggaraan program-program PAUD dan Dikmas di SKB, namun beberapa permasalahan masih saja terjadi. Permasalahan yang banyak dihadapi SKB saat ini adalah terbatasnya jumlah tenaga Pendidikan (Pamong Belajar/Guru Nonformal). Dari jumlah 441 SKB se Indonesia hanya memiliki 4.959 orang pendidik dari yang seharusnya setiap SKB paling banyak memiliki 35 tenaga pendidik (Permenpan RB Nomor 15 tahun 2010). Keterbatasan tenaga pendidik tersebut yang menyebabkan SKB kurang mampu menyelenggarakan berbagai program PAUD dan Dikmas yang sesuai keinginan masyarakat dan bermutu.

SKB sebagai salah satu aset pendidikan nonformal perlu didorong dan dibangkitkan
kembali menjadi satuan pendidikan nonformal yang dikelola oleh pemerintah daerah,
sehingga dapat memberikan kontribusi layanan pendidikan yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat. Melihat kondisi demikian, diperlukan intervensi program dari pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, agar pelaksanaan program PAUD dan Dikmas di SKB dapat berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta dapat memperluas cakupan program dan meningkatkan mutu penyelenggaraan program pendidikan masyarakat yang neliputi Pendidikan Keaksaraan dan Pendidikan Kesetaraan.

Terkait dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kemampuan SKB dalam melayani kebutuhan belajar yang beragam maka perlu adanya Bantuan Program Rekrutmen Pendidik/Tutor Bantu sebagai pendidik nonformal di SKB. Bantuan program ini diharapkan dapat memicu tumbuhnya kembali berbagai layanan program PAUD, keaksaraan, kesetaraan dan berbagai kegiatan pendidikan nonformal lainnya di SKB.

For more details info, silahkan download juknis dibawah ini!

ACC Direktur_Pedoman_Tutor_Bantu_SKB

Jumlah Kunjungan:382 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 99679

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. as berkata:

    Mantap Pak Jasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *