PEMETAAN MUTU PAUD DAN DIKMAS PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2020

  1. Peta Mutu Satuan PAUD dan Dikmas

Salah satu tugas dan fungsi BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat adalah melaksanakan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas. Pemetaan mutu dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kelayakan satuan pendidikan menurut Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pemetaan mutu dilakukan menggunakan instrumen 8 SNP yang diisi berdasarkan keadaan pada satuan atau lembaga. Setelah dipetakan, tim verifikator memberikan rekomendasi kepada satuan atau lembaga berupa usulan mengajukan akreditasi atau dilakukan pendampingan untuk memenuhi indikator 8 SNP.

Satuan PAUD dan Dikmas yang menjadi sasaran pemetaan mutu BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Barat berjumlah 218 dengan rincian sebagai berikut:

Tabel 1. Jumlah Satuan PAUD dan Dikmas yang Dipetakan

No Kabupaten Jumlah yang Terpetakan
PAUD PKBM
1 Mamuju 32 3
2 Majene 31 6
3 Polewali Mandar 45 0
4 Mamasa 34 1
5 Mamuju Tengah 24 6
6 Paangkayu 34 2
Jumlah 200 18
218

Rata-rata persentase ketercapaian 8 SNP dari 200 satuan PAUD yang menjadi sasaran pemetaan mutu dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 2. Persentase Ketercapaian 8 SNP Satuan PAUD

Persentase Ketercapaian 8 SNP
Jumlah Satuan PAUD 200
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak 37,00%
Standar Isi 14,50%
Standar Proses 33,50%
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 52,75%
Standar Sarana Dan Prasarana 50,83%
Standar Pengelolaan 36,18%
Standar Pembiayaan 60%
Standar Penilaian 35%

Rata-rata persentase ketercapaian 8 SNP dari 18 lembaga PKBM yang menjadi sasaran pemetaan mutu dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 3. Persentase Ketercapaian 8 SNP Lembaga PKBM

Persentase Ketercapaian 8 SNP
Jumlah Lembaga PKBM 18
Standar Kompetensi Lulusan 51,39%
Standar Isi 54,76%
Standar Proses 76,67%
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 44,44%
Standar Sarana Dan Prasarana 23,33%
Standar Pengelolaan 47,98%
Standar Pembiayaan 58,33%
Standar Penilaian 37,50%

Persentase ketercapaian 8 SNP satuan PAUD dan Dikmas juga dapat digambarkan pada grafik di bawah ini:

Gambar 1 Persentase Ketercapaian 8 SNP satuan PAUD dan Dikmas

Persentase ketercapaian 8 SNP di atas merupakan rata-rata ketercapaian yang dipenuhi oleh satuan atau lembaga PAUD dan Dikmas di Sulawesi Barat yang terdiri dari 6 kabupaten. Persentase ketercapaian 8 SNP tersebut kemudian diuraikan menjadi rata-rata keterpenuhan butir-butir indikator pada setiap standar yang dicapai oleh 200 satuan PAUD dan 18 lembaga Dikmas pada instrumen pemetaan mutu. Rata-rata ketercapaian setiap indikator dapat dilihat pada tabel berikut:

  1. PAUD

Tabel 4. Persentase Ketercapaian Satuan PAUD Per Indikator

Standar Nasional Pendidikan Indikator Persentase Ketercapaian
Per Indikator Per Standar
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK Pencapaian Pertumbuhan 60,50% 37%
Dokumen Analisis Pencapaian Pertumbuhan semua anak sesuai kelompok usia, yang meliputi: 33,50%
Pencapaian Perkembangan 42,50%
Dokumen Analisis Pencapaian Perkembangan Anak sesuai Kelompok Usia yang dapat berupa (pilih salah satu) 11,50%
STANDAR ISI Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 33,50% 14,50%
Acuan kurikulum 1,50%
Evaluasi Kurikulum 11%
Perilaku keselamatan diri 12%
STANDAR PROSES Program Semester (Prosem) 46% 33,50%
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) 55%
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) 50%
Program Holistik Integratif 25,50%
Dokumen bentuk keterlibatan orangtua pada satuan PAUD 16%
Supervisi Pembelajaran 8,50%
STANDAR PENDIDIK DAN Kualifikasi Akademik ( Dokumen Ijazah) 90% 52,75%
TENAGA KEPENDIDIKAN Kualifikasi Kompetensi (Dokumen Sertifikat Kursus, Pelatihan, Workshop Seminar, dsb) 27,50%
Kualifikasi Akademik ( Dokumen Ijazah) 81%
Kualifikasi Kompetensi (Dokumen Sertifikat Kursus, Pelatihan, Workshop Seminar, dsb) 12,50%
STANDAR SARANA DAN PRASARANA Dokumen ketersediaan Alat Permainan Edukatif (APE), antara lain : 41% 50,83%
Dokumen sarana kebersihan 46%
Luas Lahan 97,50%
Status Lahan 98,50%
Jenis Ruang 10,50%
Ketersediaan Instalasi 11,50%
STANDAR PENGELOLAAN Visi, Misi dan Tujuan 78,50% 36,18%
Rencana Kerja Tahunan (RKT) 26,50%
Kalender Pendidikan 12,50%
Struktur Organisasi 60%
Deskripsi tugas pokok dan fungsi 40%
Panduan Pelaksanaan 5,50%
Layanan Menurut Kelompok Usia 72,50%
Lama Belajar Perhari 0%
Lama belajar perminggu 1,50%
Tingkat kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan 90,50%
Supervisi satuan 9,50%
STANDAR PEMBIAYAAN Perencanaan pembiayaan 48% 60%
Administrasi Keuangan 72%
STANDAR PENILAIAN Perencanaan 24% 35%
Pelaksanaan 34%
Pelaporan 47%
  1. PKBM

Tabel 5. Persentase Ketercapaian Lembaga PKBM Per Indikator

Standar Nasional Pendidikan Indikator Persentase Ketercapaian
Per Indikator Per Standar
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Dokumen Legalitas Satuan dan Programnya 72,22% 51,39%
Dokumen Profil Lulusan 27,78%
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 66,67%
Dokumen rumusan Indikator Kelulusan 38,89%
STANDAR ISI Silabus Pembelajaran 72,22% 54,76%
Acuan Pengembangan Kurikulum 66,67%
Evaluasi Kurikulum 55,56%
Muatan Standar Khusus/Lokal 50%
Beban Belajar Setiap Program 11,11%
Kalender Pendidikan 72,22%
Sosialisasi Kalender Pendidikan 55,56
STANDAR PROSES Rencana Program Pembelajaran (RPP) 83,33 76,67
Kontrak Belajar 55,56%
Tingkat Kehadiran Peserta Didik 77,78%
Tingkat Kehadiran Pendidik 83,33%
Tingkat Kehadiran Tenaga Kependidikan 83,33%
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Dokumen Jumlah dan Kualifikasi Akademik Pendidik pada Setiap Program 66,67% 44,44%
Dokumen Kulifikasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di PKBM 50%
Dokumen Pengalaman Pekerjaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 16,67%
STANDAR SARANA DAN PRASARANA Ketersediaan Peralatan Pembelajaran 5,55% 23,33
Ketersediaan Bahan Bacaan 38,89%
Penggunaan Media Pembelajaran 72,22%
Prasarana Ruangan 0%
Kepemilikan Prasarana 0%
STANDAR PENGELOLAAN Dokumen biodata Ketua PKBM 0% 47,98%
Dokumen diklat/kursus yang pernah diikuti oleh Pimpinan 11,11%
Dokumen Surat Keputusan dan Struktur Organisasi Forum Perwakilan Masyarakat (Komite) 27,78
Keberadaan PKBM 50%
Struktur Organisasi dan Uraian Tugas Pengelola 88,89%
Visi, Misi dan Tujuan 61,11%
Kemitraan 22,22%
Dokumen jumlah kelas dan peserta didik 27,78%
Pedoman dan Instrumen Pengawasan 50%
Notulensi Rapat 27,78%
Pelaporan 0%
STANDAR PEMBIAYAAN Rencana Anggaran Biaya (RAB) 44,44% 58,33%
Sumber Dana 27,78%
Pemanfaatan Dana 16,67%
Administrasi Keuangan 66,67%
STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN Dokumen Panduan/Pedoman Penilaian 55,56% 37,50%
Dokumen instrumen penilaian 50%
Data Peserta Didik 44,44%
Dokumen penghargaan/prestasi 0%

 

Jumlah Kunjungan:3919 Jumlah Kunjungan: 1 Jumlah Kunjungan: 135192

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *