SPNF SKB POLEWALI MANDAR MELAYANI YANG TIDAK TERLAYANI

SPNF-SKB Polman. Tak ada kata terlambat untuk belajar, hal ini diterapkan di SPNF SKB sebagai alternatif  Kegiatan belajar mengajar (KMB) yang disediakan pendidikan nonformat tapi setara dengan pendidikan formal, Pendidikan nonformal melalui Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Polewali Mandar membuka pelayanan Progran Paud dan Dikmas .

Kepala SPNF SKB Polewali Mandar Hj. Masdaliah Azis, SPd

“Kepala SPNF SKB Polewali Mandar Hj. Masdaliah Azis, SPd. Mengatakan yang menjadi program SPNF-SKB Polewali Mandar PAUD yaitu TK, Kober, dan 3 Kelompok TPA yang tersebar di  TPA Hati Bunda Mitra RSUD, TPA Hati Bunda Mitra Pemda dan TPA Hati Bunda Mitra BKPP Polewali Mandar dan pada program Pendidikan Masyarakat yaitu Paket A, B, dan C, Program Keaksaraan serta Program Kursus yaitu Program Kursus Menjahit, Kursus Komputer, Program PKW dan PKK, ini semua ada program untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Polewali Mandar” Ungkap (29/8/2018)

Program ini dimulai pada tahun ajaran 2018 / 2019 di SPNF-SKB dengan berbagai kegiatan Program PAUD, Program Dikmas dan Program Kursus. SPNF-SKB sebagai satuan pendidikan nonformal sejenis. Artinya, SKB merupakan kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan nonformal.  Pendidikan nonformal dapat menjadi pelengkap dari pendidikan formal, terlebih jika dikaitkan dengan keterbatasan-keterbatasan sehingga tidak bisa menempuh pendidikan formal.

SKB menjadi SPNF SKB formal sebenarnya lebih ingin memberikan ruang kesadaran baru pada masyarakat, bahwa upaya pendidikan bukan sekedar kegiatan tapi Lebih daripada itu, upaya pendidikan sejatinya merupakan kegiatan penyerapan yang pada akhirnya diharapkan mampu membawa peningkatan taraf kehidupan bagi individu maupun masyarakat dalam berbagai aspek.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan nonformal Sanggar Kegiatan Belajar sebenarnya ada pada fleksibilitas waktu yang dimiliki. “Mereka sudah bisa mengikut pelajaran seperti biasa, dengan jadwal belajar seminggu tiga kali, mulai pukul 10.00 hingga 13.00 atau 14.00 hingga 17.00 tergantung kesepakatan antar warga belajar dengan tutor” Jelas Hj. Masdaliah Azis, S.Pd (29/8/2018)

pendidikan nonformal dapat berjalan beriringan dan saling melengkapi minat dan dunia yang kita geluti, serta meningkatkan keunggulan kompetitif yang kita miliki. Lebih lanjut, kejelian dalam memilih juga berfungsi pula agar investasi finansial yang telah ditanamkan tidak terbuang percuma karena program yang sedang dijalani “terhenti di tengah jalan”.

“Fungsi pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional”  Ungkap Hj. Masdaliah Azis, SPd. (29/8/2018)

 

Jumlah Kunjungan:238 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 135230

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *