Sejarah

Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Sulawesi Barat merupakan satuan kerja/Unit Pelaksana Teknis yang saat ini berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Sebelum penataan kelembagaan di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai implementasi dari Peraturan Presiden No. 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat sejak tahun 2017 s.d bulan Maret 2020 berada di bawah Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas (saat ini telah dilikuidasi).

Cikal-bakal dari BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat   adalah  Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Sulawesi Barat yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat yang dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 16.a tahun 2006 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja UPTD/BPKB Provinsi Sulawesi Barat.

Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana salah satu poin di dalamnya menyebutkan bahwa  Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat yang selama ini menjadi bidang tugas pokok BPKB bukan lagi menjadi kewenangan Provinsi tetapi menjadi kewenangan Kabupaten/Kota, maka UPTD BPKB yang sebelumnya merupakan unit pelaksana teknis  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen PAUD dan Dikmas.

Pengambilan alihan ini mencakup  penyerahan aset, pegawai, sarana dan prasarana oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia yang dituangkan dalam  Berita Acara Serah Terima Nomor 420/2530/SET dan Nomor 64338/A.A4/HK/2016 yang ditandatangani oleh H. Anwar Adnan Saleh  selaku Gubernur Provinsi Sulawesi Barat dan Didik Suhardi  sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) pada tanggal 28 Oktober 2016.

Untuk pertama kalinya BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat terbentuk tahun 2017 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata kerja Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, di mana BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat merupakan salah satu dari 29 UPT Ditjen PAUD dan Dikmas.

Dalam perjalanannya, sejak tahun 2017 s.d 2018, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat dipimpin oleh Drs. Muh. Sayuti, MM (Sebagai Kepala Balai Pertama). Saat ini, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat dipimpin oleh Dr. Andi Rusdi, M.Pd yang menjabat sejak tahun 2018 s.d sekarang (Kepala Balai Ke dua).

Pada awalnya, jumlah SDM BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat sebanyak 15 orang (ex. BPKB Sulbar). Saat ini SDM yang dimiliki sudah mencapai 45 orang yang terdiri atas 26 PNS dan  19 Non PNS yang terdiri atas tenaga Satuan Pengamanan, Sopir, Cleaning Service, dan Pramubakti.

BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat mempunyai wilayah kerja seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Barat, meliputi: Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah, Kabupaten Pasangkayu, Kabupaten Majene, Kabupaten Polewali, dan Kabupaten Mamasa.

Jumlah Kunjungan:96 Jumlah Kunjungan: 1 Jumlah Kunjungan: 17595