IDENTIFIKASI MASALAH LEMBAGA PAUD PADA WILAYAH PINGGIR HUTAN

Majene (10/08/2020), BP PAUD dan DIKMAS Sulawsi Barat membentuk Tim studi pendahuluan dalam langkah awal untuk mengumpulkan informasi dan identifikasi permasalah yang dijumpai pada Lembaga PAUD yang berada di wilayah pinggir hutan, salah satunya adalah lembaga PAUD di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene yang berada diwilayah dataran tinggi.
Penerepan model pembelajaran belum sepenuhya optimal pada Lembaga PAUD di Kecamatan Ulumanda. Pasalnya, Tenaga Pendidik kekurangan Informasi dalam kegiatan Bimtek bagi PTK untuk meningkatkan mutu kompetensi dan Minimnya akses jaringan adalah hal utama yang menjadi penyebab kurangnya informasi tersebut. Akibatnya, sistematika pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai dengan keadaan wilayah. Hal ini tentu berdampak pada tumbuh kembang anak dalam lingkup sosial dan budayanya.
Tim studi Pendahuluan memberikan gambaran umum kepada kepala sekolah beserta tenaga pendidik pada lima Lembaga PAUD di Kecamatan Ulumanda yang dapat dijadikan referensi atau bahan pembelajaran dalam bembentukan model pembelajaran di PAUD yaitu, Sasaran utama didirikannya Lembaga PAUD adalah Anak Usia Dini itu sendiri, sedangkan sasaran selanjutnya adalah keluarga terutama orang tua. Keluarga menjadi tempat awal untuk belajar secara informal bagi anak. Maka ketika keluarga memberikan rangsangan yang baik untuk stimulus perkembangan anak, secara alami tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Maka dari itu perlu adanya kerjasama antara tenaga pendidik dengan orang tua peserta didik untuk memberikan stimulus pembelajaran dirumah sesuai dengan apa yang diajarkan disekolah agar terdapat keselarasan antara pelajaran dirumah dan disekolah. Hal ini akan memperkuat pemahaman anak peserta didik.
Dari Tim studi pendahuluan juga menawarkan kegiatan Bimtek untuk meningkatkan mutu dan kinerja tenaga pendidik.
“Saya bisa bantu dengan menjadi pemateri” jelas Ibu Haerina selaku anggota Tim studi pendahuluan.
Hal ini direspon positif oleh kelima Lembaga PAUD yang dikunjungi yaitu PAUD AL-munawarah Tamalonang, PAUD AL-AMIN Tamerimbi, TK PGRI Kartini Kabiraan, TK Mekar Sari Salutambung, dan PAUD Miftahul Ulum Sulai. Kelima Lembaga mengaku akan menjadwalkan kegitan Bimtek untuk PTK secepatnya.
“Kami sangat senang dengan adanya kunjungan seperti ini, apalagi yang berkunjung langsung dari BP PAUD dan DIKMAS Sulawsi Barat, semoga kunjungan ini memberi jalan baru bagi lembaga kami yang cukup tertinggal ini” jelas Adawiah kepala sekolah/pengelola Lembaga PAUD AL-MUNAWARAH Tamalonang.

Jumlah Kunjungan:80 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 34966

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *