IDENTIFIKASI MASALAH LEMBAGA PAUD DI PESISIR

Wilayah Propinsi Sulawesi Barat dengan Luas wilayah 16.787,18 Km2 yang terdiri dari 6 (enam) Kabupaten :
Kabupaten Polewali-Mandar
Kabupaten Majene
Kabupaten Mamuju
Kabupaten Mamuju Tengah
Kabupaten Pasangkayu
Kabupaten Mamasa
Lima kabupaten tersebut, sebahagian besar terdiri dari wilayah pesisir. Sedangkan satu Kabupaten lainnya berada di wilayah pegunungan.
Wilayah pesisir adalah daerah pertemuan antara darat dan laut.
Kearah darat wilayah pesisir meliputi bagian darat baik kering maupun yang terendan air yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut dan perembasan air asin, sedangkan kearah laut wilayah pesisir mencakup bagian laut yang masih dipengaruhi proses-proses alami yang terjadi di darat seperti segmentasi dan aliran air tawar maupun yang disebabkan oleh kegiatan manusia di darat.
Masyarakat pesisir merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pantai yang sebagian besar merupakan nelayan memiliki karakteristik yang berbeda dengan masyarakat lainnya.Perbedaan ini dikarenakan keterkaitan erat dengan karakteristik ekonomi wilayah, latar belakang budaya dan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang.Pada umumnya masyarakat pesisir memiliki budaya yang berorientasi selaras dengan alam sehingga teknologi memanfaatkan sumberdaya alam adalah teknologi adaptif dengan kondisi pesisir.
Secara sosial budaya nelayan akan tetap menjadi nelayan. Secara ekonomi mereka tidak mampu oleh sebab itu pendidikan mereka sangatlah rendah. Tidak ada pilihan lain bagi mereka selain belajar berlayar secara otodidak bersama orang tua mereka untuk menyambung hidup mereka kelak. Pendapatan yang jauh dari kata cukup, sehingga hal ini akan berdampak bagi kehidupan keluarganya. Daerah pesisir pantai adalah kawasan yang berbatasan dengan laut, yang merupakan lingkungan hidup dan masyarakatnya secara langsung bergantung pada sumber daya yang terdapat di laut.
Dengan demikian bahwa masalah sosial budaya yang terdapat pada kehidupan nelayan adalah: 1) Rendahnya tingkat pendidikan, 2) miskin pengetahuan dan teknologi untuk menunjang pekerjaanya, 3) kurang tersedia wadah pekerjaan informal, 4) kurangnya daya kreativitas.
Keberadaan Lembaga PAUD dipesisir sangat dibutuhkan, dan untuk Kabupaten Majene jumlah lembaga Paud sampai tahun 2020 terdapat 160 lembaga dan 60% lembaga Paud berada di daerah pantai atau pesisir. Kenyataan di lapangan bahwa dikecamatan Banggae jumlah Paud keseluruhan ada 16 lembaga, 12 lembaga berada di daerah pesisir pantai. A da Lembaga yang menolak peserta didik pada saat pendaftaran karena kuota terbatas.
Sarana dan Prasarana sekolah, kurikulum dan APE merupakan beberapa faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah dan dapat merangsang keterampilan anak dalam berpikir kritis, kretaif, bekerjasama dan berkomunikasi akan terasa pada saat bermain dan belajar dengan menggunakan media alam sekitar . Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana, kurikulum dan APE yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal.
Selama ini banyak guru menyampaikan keluhan kekurangan media bermain di lembaganya dan hanya memanfaatkan bantuan APE Pabrikan karena kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan sumber alam sekitar untuk dijadikan sebagai media belajar.
Untuk mewujudkan dan mengatur hal tersebut pemerintah melalui PP No. 32 Tahun 2013 tentang Standar nasional Pendidikan, pasal 1 ayat (9) mengemukakan standar sarana dan prasarana adalah Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat olah raga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berekreasi dan berkreasi, serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Dari uraian tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan Studi Pendahuluan untuk memperoleh data dan informasi yang lebih akurat sehubungan dengan penyelenggaraan PAUD di daerah

Jumlah Kunjungan:1383 Jumlah Kunjungan: 23 Jumlah Kunjungan: 34951

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *