ADAPTASI PROGRAM BDR DI TAHUN AJARAN 2020/2021 BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pelaksanaan Webinar masih mendominasi kegiatan-kegiatan yang dilaksankan oleh berbagai lembaga di saat pandemik Covid-19. Seperti yang telah dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Anak Usi Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Sulawesi Barat baru-baru ini; Senin, 13 Juli 2020 menyelenggarakan Webinar “Adapatasi Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Tahun Ajaran 2020/2021bagi Pendidikan Anak Usia Dini” Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat.

Direktur PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud RI Bapak Dr. Muh. Hasbi, M.Pd hadir sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat yang selalu aktif menyelenggarakan kegiatan untuk memfasilitasi seluruh steakholder yang berada di kabupaten yang terdapat di Sulawesi Barat terkait pertemuan untuk penengembangan pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Lebih lanjut Bapak Direktur menyampaikan pada saat ini yakni pada tanggal 13 Juli 2020 dimana dimulainya pembukaan tahun ajaran baru bagi seluruh siswa mulai dari pendidikan anak usia dini sampai pendidikan menengah.

Terdapat beberapa hal yang disampaikan oleh Beliau adalah;

  1. Pada tahun ajaran baru ini kita masih belum melakukan belajar secara langsung di sekolah sebagaimana lazimnya, dikarenakan wabah pandemik Covid -19 dan di masa New Normal atau kebiasaan-kebiasaan baru. Penerimaan siswa baru pun masih menggunakan media daring.
  2. Menghimbau dalam beraktifitas tetap melaksanakan protokol kesehatan agar selalu produktif dan tetap sehat.
  3. Penerapan kurikulum melalui penyederhanan. Misalnya pada anak usia dini, sebelum diterapkan apada anak-anak terlebih dahulu disampaikan kepada orang tuanya.
  4. Pelaksanaan strategi pembelajaran lebih fleksibel sifatnya seperti melalui jalur daring maupun luring atau on-of, maupun kombinasi diantaranya.
  5. Memastikan ketika nanti sekolah telah dibuka dipersiapkan sarana PHBS yang memadai di setiap satuan pendidikan.

Pada kesempatan yang sama pula Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat Bapak Dr. Andr Rusdi, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan ini sengaja digelar pada saat-saat tahun ajaran baru guna memberi pemahaman kepada semua pihak terkhusus orang tua siswa yang masih mendampingi siswa-siswanya di rumah ketika masih menggunakan stategi Belajar Dari Rumah.

Hal lain yang dilaporkan; peserta yang menghadiri webinar ini adalah berasal dari hampir semua unsur dan lini pembina pendidikan usia dini secara berjenjang, muali dari Bunda PAUD provinsi, Bunda PAUD kabupaten sampai Kecamatan dan Kelurahan/Desa ditambah lagi oleh para pendidik, praktisi pendidikan, lembaga kemitraan dan Pengelola PAUD  semuanya berjumlah 150 orang.

Jumlah Kunjungan:61 Jumlah Kunjungan: 7 Jumlah Kunjungan: 24553

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *