BP-PAUD dan Dikmas Sulbar Mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Model

Dr. Sutanto, SH., MA (Sesditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen)

Salah satu tugas pokok BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat adalah mengembangkan program melalui berbagai kegiatan pengembangan model pelaksanaan program dan pembelajaran di bidang PAUD dan Dikmas.

Sejak berdirinya di tahun 2017, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat telah kurang lebih 3 naskah model. Di tahun 2019 model yang dihasilkan sebanyak 2 naskah yang terdiri atas :

  1. Model Pendidikan Keaksaraan : Penuntasan Buta Aksara Melalui Pelibatan Tokoh Agama
  2. Model Pendidikan Anak Usia Dini : Pendidikan Sosial Finansial melalui Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia 5 – 6 Tahun

Agar model-model yang telah dihasilkan dipahami dan bisa diterapkan oleh para pengguna atau stakeholder, maka model-model tersebut perlu disosialisasikan secara massif dan terstruktur. Karena itu, pada tanggal 4 s.d 5 Juni 2020 ke dua model tersebut disosialisasikan ke masyarakat.

Di hari pertama, tepatnya tanggal 4 Juni 2020, di sosialisasikan model PAUD dengan judul Pendidikan Sosial Finansial melalui Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia 5 – 6 Tahun. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan di hari pertama adalah Ibu Jumrana, S.PdI dan Haerina Januar, S.PdI yang sekaligus sebagai pengembang model. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih sekitar 144 orang yang berasal dari para guru dan pengelola PAUD se Sulawesi Barat.

Pada hari selanjutnya, yaitu pada tanggal 5 Juni 2020 disosialisasikan model pendidikan Keaksaraan dengan judul Penuntasan Buta Aksara Melalui Pelibatan Tokoh Agama. Pada kegiatan ini, hadir Bapak Dr. Sutanto, SH., MA selakuĀ  Sekretaris Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen memberikan arahan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

Selain Pak Sesditjen, hadir sebagai narasumber adalah Drs. Muh. Hasri, M.Hum (Widyaiswara LP3TK), Dr. Andi Rusdi (Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulbar), serta Pak Haryanto dan Ibu Mece Marice selaku pengembang model pendidikan keaksaraan.

Di hari ke dua ini, peserta yang hadir kurang lebih sekitar 120 orang yang berasal dari para pengelola PKBM, Tutor, unsur SKB, serta Dinas Pendidikan dan para tokoh masyarakat.

Tindak lanjut dari kegiatan ini selanjutnya adalah akan dilakukan Bimbingan Teknis atau Workshop bagi satuan PAUD dan DikmasĀ  yang berkeinginan menerapkan ke dua model ini di lembaganya.

Jumlah Kunjungan:238 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 17601

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *