Surat Guru Untuk Mendikbud: Jujur, Tulus, dan Bermakna

Sumber : Kemdikbud.go.id

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda seantero negeri dan pembukaan sekolah pun masih menimbulkan pro kontra, para siswa masih belajar dari rumah, dan guru juga masih mengajar dari rumah.

Untuk mengusik rasa jenuh dan demi menyerap aspirasi dari para guru dan siswa, Mas Menteri Nadiem Anwar Makariem (Kemendikbud) punya program menarik. Melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter, Kemendikbud menyelanggarakan sayembara menulis surat bagi siswa dan guru.

Selain untuk mengusir rasa jenuh, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para guru, dan siswa untuk berbagi cerita inspiratif mengenai kegiatan belajar mengajar selama bulan Ramadan di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 s.d 17 Mei 2020 ini telah menghimpun surat sebanyak 6.689 yang terkirim dari para guru dan siswa di seluruh penjuru negeri untuk Mas Menteri.  Dari ribuan surat yang masuk, terpilih dua surat yang ditulis oleh siswa dan dua surat yang ditulis oleh guru sebagai pemenang sayembara.

Mengomentari surat yang diterima, Menteri Nadiem sebagaimana diberitakan oleh www.kemdikbud.go.id mengungkapkan bahwa terdapat hikmah yang bisa diambil dari masa krisis Covid-19. Suatu bencana baik kesehatan, bencana ekonomi, bencana pendidikan, kata dia, selalu ada hikmahnya. “Jangan sampai kita keluar dari krisis ini tanpa membawa bekal dan hikmah. Kesulitan adalah akar pembelajaran yang penting,” katanya dalam Acara Cerita Inspiratif Guru dan Murid bersama Mendikbud Nadiem Makarim yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Jujur, tulus, dan bermakna. Tiga kata itulah yang dapat menggambarkan 6.689 surat yang ditulis oleh guru dan murid se-Indonesia kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Melalui untaian kata, mereka mengisahkan berbagai cerita inspiratif dalam memaknai Ramadan di masa pandemi Covid-19, demikian situs kemdikbud.go.id memberitakan.

Jumlah Kunjungan:288 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 17587

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *