Kemendikbud Imbau Satuan Pendidikan Segera Menyesuaikan RKAS

Illustrasi foto : Kemdikbud.go.id

Sebagai tindak lanjut dari Permendikbud  Nomor 19 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendikbud 8 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler, serta Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Permendikbud Nomor 13 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis DAK Nonfisik BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan,  maka setiap sekolah ataupun satuan pendidikan dharuskan untuk melakukan penyesuaian kegiatan dan alokasi anggaran.

Perubahan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) ini diperlukan untuk mengakomodir perubahan-perubahan sesuai Juknis terbaru terkait BOS dan BOP, sehingga nantinya kegiatan dan alokasi anggaran yang dilaksanakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

Mengutip dari laman laman www.kemdikbud.go.id, Plt Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Hamid Muhammad mengatakan bahwa “Untuk semua sekolah yang sudah dapat dana BOS silahkan langsung digunakan sesuai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang sudah diatur sekolah dan disetujui dinas. Saya harap sekolah segera melaksanakan dan gunakan dana tersebut sesuai peruntukkan yang ada sesuai hasil RKAS yang telah direvisi merujuk pada regulasi yang baru”

Pada Juknis terbaru, dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan belajar di rumah, beberapa kegiatan yang dibolehkan untuk dilaksanakan dan dibiayai seperti pembelian pulsa/kuota untuk mendukung pembelajaran daring dan pembelajaran dari rumah, pembayaran honor untuk guru honorer, pemberian transpor serta hal-hal lainnya dalam rangka mencegahan penyebaran Coivd-19. Komponen-komponen tersebut belum terakomodir dalam RKAS sebelumnya karena mengacu ke Juknis lama.

Penegasan penyesuaian RKAS satuan pendidikan dengan Juknis penggunaan dana BOS dan BOP  terbaru disampaikan melalui siaran pers Kemendikbud nomor : 092/Sipres/A6/IV/2020 tanggal 24 April 2020.

Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 terkait perubahan Juknis BOS dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 tentang Juknis BOP PAUD dan Kesetaraan dapat didownload pada link : Dukung Pembelajaran Dari Rumah, Kemendikbud Sesuaikan Juknis BOS dan BOP

 

 

 

Jumlah Kunjungan:275 Jumlah Kunjungan: 5 Jumlah Kunjungan: 17541

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *