Dukung Pembelajaran Dari Rumah, Kemendikbud Sesuaikan Juknis BOS dan BOP

Semakin merebaknya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh sektor dan aktivitas masyarakat termasuk bidang pendidikan. Namun demikian, proses belajar mengajar tidak boleh berhenti, harus tetap diteruskan dengan beberapa penyesuaian. Untuk menjamin proses tersebut tetap berjalan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan berbagai regulasi yang dapat memberikan panduan bagi pihak terkait agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung dengan baik, lancar, dan aman.

Setelah sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Darurat, kali ini Mendikbud kembali mengeluarkan dua peraturan sekaligus yaitu Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendikbud 8 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler, serta Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Permendikbud Nomor 13 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis DAK Nonfisik BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan.

Kedua Permendikbud tersebut di maksudkan untuk memberikan dukungan penyelenggaraan pembelajaran dari rumah dan memberikan kepastian ke para pimpinan satuan pendidikan (kepala sekolah, kepala SKB, Ketua PKBM, dan pimpinan penyelenggara pendidikan lainnya) agar tidak memiliki keraguan dalam mengalokasikan anggaran BOP maupun BOS dilingkungan satuan pendidikannya.

Melalui Permendikbud tersebut, setidaknya ada tiga kategori bagian petunjuk teknis yang mengalami perubahan selama dalam masa kedaruratan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yaitu : 1) pembayaran honor; 2) persentase penggunaan; dan 3) penekanan alokasi lainnya terkait penanganan Covid-19.

Penjelasan terkait perubahan tiga kategori tersebut pada Permendikbud Nomor 19 tahun 2020  dapat dilihat pada gambar berikut :

Sedangkan di Permendikbud Nomor 20 tahun 2020, oerubahannya adalah sebagai berikut :

Penjelasan ke dua gambar tersebut dapat di didownload pada link berikut : Penjelasan Perubahan Permendikbud BOP dan BOS

Secara lengkap Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 dapat didownload pada link: Salinan Permendikbud Nomor 19 tahun 2020

Dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 dapat didonwload pada link : Permendikbud Nomor 20 tahun 2020

Jumlah Kunjungan:201 Jumlah Kunjungan: 1 Jumlah Kunjungan: 35110

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *