BP-PAUD dan Dikmas Sulbar, Melayani Pendidikan Anak Sampai ke LAPAS

Kesempatan untuk memperoleh pendidikan adalah hak semua orang, ini sangat jelas tertuang dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 31 ayat 1 yang menyatakan bahwa “setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan” dan kewajiban pemerintah untuk menyelenggarakan layanan pendidikan. Layanan pendidikan dimaksud harus mudah diakses oleh masyarakat dalam kondisi apapun.

Kunjungan Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulbar Ke Lapas Khusus Anak Mamuju

Kunjungan Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulbar Ke Lapas Khusus Anak Mamuju

Untuk memenuhi hak masyarakat dalam mengakses pendidikan  tersebut, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Sulawesi Barat melakukan inovasi layanan program dengan membuka kelas pembelajaran di Lembaga Pemasyarakat (LAPAS) Khusus Anak Kelas II Kab. Mamuju.

Pembentukan kelas pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses pendidikan bagi anak-anak yang tersangkut masalah hukum yang menyebabkan mereka tidak dapat memperoleh pendidikan secara normal di jalur pendidikan formal atau karena memang sejak awal mereka adalah anak putus sekolah.

Kegiatan Belajar Mengajar di Lapas Khusus Anak Mamuju

Program layanan pendidikan yang dibuka adalah Program Pembelajaran Keaksaraan Dasar, Program Pendidikan Kesetaraan Paket B, dan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Secara keseluruhan, jumlah peserta didik saat ini sebanyak 9 orang.

Kegiatan layanan pembelajaran ini dirancang berlangsung selama 18 kali pertemuan terhitung mulai bulan Oktober s.d Desember 2019. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk kemitraan antara BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Barat dengan LAPAS Khusus Anak Kelas II Kab. Mamuju serta Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) SKB Mamuju.

Jumlah Kunjungan:179 Jumlah Kunjungan: 2 Jumlah Kunjungan: 34952

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *